Seimbangkan Permainan Untuk Anak

Seimbangkan Permainan Untuk Anak



ABC Sebran Permainan Gratis

Saatnya Anda memiliki permainan nan cukup bagus buat anak. Permainan nan akan mengajarkan menjadi akrab dengan huruf dan angka. Permainan nan sekaligus belajar gambar berwarna-warni, ditemani suara musik nan menyenangkan buat didengar anak-anak, dan pelajaran mengenal huruf, angka, matematika sederhana, dan membaca. Dengan kemeriahan ini, diharapkan anak-anak akan bahagia dan mudah diarahkan serta tak mudah teralihkan konsentrasinya. Tetapi kalau ternyata anak-anak merasa bosan, jangan paksakan.

Pemaksaan nan diikuti dengan bentakan dan teriakan akan melukai jiwanya. Ajak anak sambil bermain. Perlihatkan kalau orangtuanya juga bahagia belajar bersama mereka. Hal nan menyenangkan itu akan menular sehingga jangan risi anak-anak akan merasa bosan dan tak mau belajar kalau permainan itu memang membuat mereka bahagia. Kalua mereka terlihat bosan, gantilah permainan dengan hal nan lain. Paling tak ajaklah mereka melakukan hal lain nan akan mengeksplorasi daya khayal dan kecerdasan mereka nan lainnya.

Permainan ABC Sebran diperkenalkan secara perdeo dari negara Swedia melalui websitenya www.wartoft.nu di website tersebut bisa juga di download secara gratis. ABC Sebran dibuat oleh Marianne Wartoft. Disana pembuat permainan ini terdapat banyak permainan edukasi lainnya nan bermanfaat buat anak. ABC Sebran sudah bisa dimainkan di banyak negara sebab bahasa nan digunakan -sudah di terjemah ke bahasa negara-negera tersebut. Kabar baiknya Bahasa Indonesia telah tersedia di permainan ABC Sebran ini.


Selain bahasa Indonesia tersedia juga bahasa Afrikaans, Breton, Catalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia , Italia, Lithuania, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Samoa, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Swahili atau Swedia (di negara Swedia permainan bagus zebra lucu garis-garis pada layar primer ini dikenal dengan sebutan "sebran").

ABC Sebran cepat berkembang di global pendidikan. Sifatnya nan freeware atau perdeo juga bisa di modifikasi membuat banyak guru komputer dan programmer turut serta mengembangkan software ini agar bisa di mainkan di negaranya juga. Inilah salah satu kreativitas nan patut dihargai. Mempelajarinya juga tak sulit sebab memang hanya mengikuti tombol nan ada. Sebaiknya sebelum diberikan ke anak, pelajarilah terlebih dahulu. Lihatlah semua fitur dan gambarnya. Pastikan tak ada gambar atau fitur nan menggiring kepada hal-hal nan tak senonoh.

Banyaknya permainan di komputer terkadang membuat orangtua khawatir. Sebenarnya tak hanya orangtua nan patut was-was. Anak-anak pun patut waspada terhadap orang tua nan tak berpikir seperti orang tua. Banyaknya warta aksi pencabulan terhadap anak ialah satu bukti bahwa zaman telah semakin tak karuan. Untuk itulah orangtua memang perlu melakukan banyak hal agar anak berkembang sinkron dengan usianya dan tak cepat dewasa.

Anak-anak nan terlalu cepat dewasa menjadi terlihat tak alami. Memberikan berbagai mainan itu fungsinya buat membuat anak tumbuh secara alami. Ketika anak senang sejak dini dan selanjutnya, diharapkan anak akan mempunyai cinta buat dirinya dan juga buat orang lain. Jadi, pilihlah permainan nan memang sinkron dengan usia anak. Jangan paksakan anak-anak mempelajari sesuatu nan tak sinkron dengan pengalaman dan pembelajaran nan pernah ia dapatkan. Sepintas, permainan ABC Sebran ini cukup bagus buat anak-anak.



Fitur ABC Sebran

Ada 11 Fitur permainan nan dimiliki software perdeo ABC Sebran sangat kondusif buat anak. Permainan satu ini memang didesain buat enak dilihat oleh anak-anak dan menjadi teman bermain sekaligus belajar. Fitur-fitur nan dimiliki oleh ABC Sebran, yaitu:

* Berapa Banyak? Permainan ini mengajak anak Anda buat menghitung berbagai gambar dari buah, topi dan lain sebagainya. Disediakan pula angka-angka jawaban dalam lingkaran besar. Apabila anak Anda memencet mouse pada angka nan tepat makan lingkaran berubah menjadi senyuman dan berlanjut ke hitungan dan gambar berikutnya. Bagaimana jika jawabannya salah? Maka lingkaran berubah menjadi senyuman cemberut bewarna merah. Jangan risi anak Anda bisa mengulangnya kembali buat memilih jawaban nan benar.

* Penambahan. Hitungan tambah-tambahan bisa ditemui di fitur ini. Anak Anda bisa menambahkan angka nan muncul dilayar dan menjawabnya dengan memencet lingkaran nan sudah tertulis jawaban benar. Apabila sahih lingkaran nan dipencet akan tersenyum. Apabila salah akan selalu muncul gambar cemberut dan harus memilih jawaban lainnya nan benar.

* Pengurangan. Hitungan pengurangan bisa ditemui di fitur ini. Anak Anda bisa mengurangi angka nan muncul di layar dan menjawabnya dengan memencet lingkaran nan sudah tertulis jawaban benar. Apabila sahih lingkaran nan dipencet akan tersenyum. Apabila salah akan selalu muncul gambar cemberut dan harus memilih jawaban lainnya nan benar.

* Perkalian. Hitungan perkalian bisa ditemui di fitur ini. Anak Anda bisa mengalikan angka nan muncul di layar dan menjawabnya dengan memencet lingkaran nan sudah tertulis jawaban benar. Apabila sahih lingkaran nan dipencet akan tersenyum. Apabila salah akan selalu muncul gambar cemberut dan harus memilih jawaban lainnya nan benar.

Dalam ABC Sebran terdapat juga fitur permainan berikut ini nan patut Anda rekomendasikan buat anak. Seperti permainan bagus Cari Gambar, Huruf Pertama, Gambar Sama, Gambar Kata, Tiang Gantung, Huruf Jatuh dan Hitunglah. Selamat mencoba.



Seimbangkan Permainan Untuk Anak

Memberi anak mainan berbasis komputer dalam bentuk apapun, sah-sah saja. Tetapi tetap perhatikan perkembangan anak, jangan sampai ia tak menggunakan motorik tubuhnya nan lain. Ketika ada mulai kecanduan dengan laptop atau tabletnya, ia mungkin tak mau lagi diajak buat bermain di luar rumah. Padahal permainan nan dilakukan di luar rumah itu masih banyak nan cukup bagus dan bahkan bermanfaat buat perkembangan mental dan fisiknya.

Anak-anak nan sering melakukan permainan beregu malah akan mempunyai kemampuan bekerja sama nan lebih baik. Jangan dianggap anak-anak nan tak terlalu berkutat dengan komputer itu akan tumbuh menjadi anak nan tak paham teknologi. Malah terkadang anak-anak dengan fisik nan terlatih ini mempunyai kemampuan akademik nan lebih baik. Mereka lebih aktif dan lebih tahan banting sebab dapat mengelola perasaannya. Mereka juga tak mudah stres sebab dapat membuat tubuhnya berkeringat.

Anak-anak nan berkeringat sebab menggunakan ototnya biasanya akan lebih terlihat segar dan bahagia. Selain itu, berat badan mereka pun tak akan terlalu berlebihan. Dengan demikian mereka dapat juga terhindar dari penyakit diabetes atau kencing manis tipe apapun. Banyaknya anak nan menderita obesitas dampak tak banyak bergerak, telah membuat banyak orang termenung dan mencoba membantu anak-anak itu buat berdiet.

Biasakan anak-anak buat hayati seimbang dan makan makanan dengan gizi nan juga seimbang. Tanpa adanya ekuilibrium ini, anak-anak akan tumbuh seenaknya sendiri. Mereka dapat saja cerdas secara akademik tetapi tak mampu mengasah dan mengatur makanan buat tubuhnya sendiri. Hal ini tentu saja bukan sesuatu nan diinginkan bagi seorang anak dimasa depannya. Anak nan cerdas itu tak hanya dalam hal IQ. Emosinya juga perlu dididik agar tak menjadi seseorang nan mudah stres.

Ajak anak buat bersosialisasi dengan orang-orang nan ada di sekitarnya. Bila perlu, biasakan buat berjumpa dengan orang nan lebih tua agar mereka terbiasa bagaimana berteman dengan orang nan lebih tua darinya. Mereka patut belajar bagaimana bersopan santun dan bagaimana menghargai serta menghormati orang dewasa. Tata cara pergaulan ini akan sangat berguna nanti ketika mereka telah beranjak dewasa.

Pergaulan nan luas dan tahu bagaimana membawa diri akan membuat anak mudah diterima di manapun dan dalam kalangan apapun. Global tanpa pergaulan nan bagus akan menjadikan anak merasa kesepian dalam keramaian. Anak akan tumbuh menjadi seseorang nan mudah stres sebab tak terbiasa berbicara dengan orang lain. Kalau ia terbiasa bergaul, maka anak biasanya akan tahu cara memilih teman nan baik dan teman nan kurang baik. Hal ini ia dapatkan dari pengalamannya.