Input device
Komputer merupakan piranti nan sangat dibutuhkan manusia. Keberadaannya, menjadi alat bantu dengan banyak manfaat. Dengan adanya komputer dapat mempermudah dan membuat praktis pekerjaan. Karenanya, pekerjaan akan cepat rampung. Untuk itu, tak ada salahnya jika kita mengenal apa saja perangkat nan ada pada komputer. Salah satunya ialah nan dikategorikan dalam istilah perangkat keras input device .
Pada dasarnya, komputer terdiri atas berbagai komponen nan satu sama lain saling berkaitan. Rangkaian komponen ini membentuk sebuah sistem kerja. Satu komponen saja terganggu, maka akan mengganggu kinerja komputer secara keseluruhan.
Dilihat dari fungsinya, komputer terdiri atas beberapa perangkat keras seperti berikut ini.
• input divice atau disebut juga unit masukan),
• process device atau disebut juga unit pemrosesan),
• output device atau disebut juga unit keluaran),
• backing storage atau disebut juga unit penyimpanan), dan
• periferal atau disebut juga unit tambahan).
Input device
Input device (unit masukan) ialah media nan fungsinya memasukkan data. Data akan dimasukkan ke dalam memori buat selanjutnya diolah supaya menghasilkan informasi. Secara umum, unit masukan pada personal computer (PC) berupa keyboard. Selain itu, unit masukan nan biasa digunakan ialah mouse. Keduanya, akan memediasi pengguna buat mengoperasikan komputer.
Di samping itu, ada juga joystick, unit masukan buat permainan. Kemudian scanner nan berfungsi buat mengambil dan mengolah gambar. Sementara touch panel ialah alat buat mengakses arsip melalui sentuhan jari. Sedangkan unit masukan dengan fungsi sebagai perekam suara buat disimpan di komputer dinamakan microphone. Data dapat ditransfer ke sistem komputer dengan dua pola. Pertama signal input serta nan kedua maintenance input. Yang pertama nan ditransfer ke sistem komputer berbentuk data. Yang kedua berbentuk program sebagai pengolah data.
Komponen Input Device
Berikut ini klarifikasi beberapa komponen input device
1. Keyboard
Perangkat ini ialah unit input pengolah data terpenting dalam komputer. Fungsi keyboard di antaranya memasukkan angka, karakter khusus, dan huruf. Selain itu, sebagai media buat menginstruksikan perintah lainnya, seperti membuka dan menyimpan file. Sebenarnya ada tiga jenis keyboard: QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG. Namun, Jenis nan digunakan kini ialah QWERTY nan sudah berstandar ISO. Bentuk dan fungsi keyboard komputer ini mengikuti mesin ketik. Tombolnya terdiri dari 104 tuts. Jenis keyboard QWERTY terdiri atas empat bagian: typewriter key, numeric key, function key, dan special function key.
Typewriter key merupakan tombol utama. Terdiri atas huruf-huruf alphabet dilengkapi dengan nan lainnya seperti back space buat menghapus hanya 1 character nan berada di kiri cursor. Caps lock buat menyalakan simbol caps lock. Artinya, huruf nan ditik jenis kapital. Tombol Delete buat menghapus sebanyak 1 karakter pada cursor. Esc buat membatalkan perintah. End buat memindahkan cursor hingga meloncat ke akhir baris. Enter buat meloncat pada baris baru dan melakukan perintah. Home buat berpindah ke baris awal atau ke atas layar bagian sudut sebelah kiri. Insert tombol nan menyisipkan character. Page Up berfungsi meggerakan cursor. Loncatannya 1 layar ke bagian atas. Page Down berfungsi menggerakkan cursor. Loncatannya 1 layar ke bagian bawah. Terakhir tombol Tab berfungsi memindahkan cursor. Loncatannya 1 tabulasi ke bagian kanan.
Numeric key terletak pada sebelah kanan. Tombol ini berupa angka serta arrow key. Jika lampu indikator ditekan dan num lock menjadi menyala, artinya nan berfungsi angka. Sebaliknya jika mati, maka arrow key nan berfungsi. Function key, posisinya di baris teratas: F1 sampai dengan F12. Fungsinya tergantung pada program komputer. Special function key, berupa Ctrl, Alt, dan tombol Shift. Bila ditekan serempak dengan tombol nan lainnya, tombol ini akan berfungsi.
2. Mouse
Mouse berfungsi buat memindahkan kursor dengan cepat. Selain itu, buat melakukan perintah praktis, mudah, dan cepat jika dibandingkan melakukan perintah dengan keyboard.
Sinyal mouse dihasilkan atau terciptac oleh sebuahg bola kecil nan ada di dalamnya. Disesuaikan dengan pergerakannya. Ada tiga tombol pada mouse, yakni tombol kiri, tengah, dan kanan.
Sebagian besar mouse biasanya terdiri atas tiga tombol, dan hanya dua tombol nan dipakai yakni tombol kiri serta tombol kanan. Kini, mouse ditunjang juga dengan adanya tombol penggulung (scroll), posisi tombol ini berada dit engah.
Jika tombol kiri ditekan dinamakan klik dan akan berfungsi saat mouse pada posisi objek. Kalau klik dilakukan dua kali dengan cepat dinamakan klik ganda. Jika tombol kiri terus ditekan sambil menggeser dinamakan drag. Maka objek pada posisi kursor akan berpindah. Sementara jika tombol kanan satu kali ditekan dinamakan klik kanan.
3. Touchpad
Biasanya ada pada laptop dengan sentuhan jari. Unit ini menjadi ganti dari mouse. Selain touchpad, ada model homogen yakni bernama pointing stick serta trackball.
4. Light pen
Perangkat ini merupakan pointer elektronik buat memodifikasi serta mendesain gambar melalui monitor. Sensor pada light pen dapat mengirimkan cahaya buat direkam komputer.
5. Joy stick dan games paddle
Joy stick nan berbentuk tongkat biasa digunakan buat permainan. Sementara games paddle terbuat dari bahan plastik berbentuk persegi. Ada juga nan kotak. Biasanya dilengkapi tombol-tombol pengatur mobilitas objek pada komputer.
6. Barcode
Barcode berfungsi buat membaca kode dengan bentuk kotak-kotak ataupun bentuk garis-garis nan tebal dengan arah vertikal. Kemudian diterjemahkan dengan angka-angka. Kasir di sejumlah supermarket biasanya mengidentifikasi produk dengan barcode.
7. Scanner
Scanner berfungsi buat menyalin gambar dan juga teks buat disimpan ke bagian memori komputer. kemudian, disimpan pada harddisk. Fungsinya mirip mesin buat fotocopy. Bedanya, pada scanner bisa ditampilkan di monitor sehingga mudah melakukan perbaikan. Objek kerja bisa disimpan lagi, baik berupa arsip text ataupun dalam bentuk arsip gambar.
8. Kamera digital
Input dari kamera digital dapat diterima komputer. Kualitas gambar kamera ini lebih bagus dibandingkan menyalin gambar memakai scanner.
Ketajaman gambar ditentukan pixel-nya. Alat praktis sebab tak membutuhkan film ini begitu membantu pekerjaan. Gambar akan diamankan dalam memori dengan bentuk file. Selanjutnya bisa ditransfer pada komputer.
9. Mikropon dan headphone
Unit masukan nan berfungsi merekam suara. Lalu disimpan pada memori komputer. dapat juga untuk mendengarkan sebuah suara. Dengan alat mikropon, Anda juga bisa berbicara dengan orang ketika chating. Pemakaian mikropon memerlukan perangkat lainnya. Yakni, sound card sebagai penyimpan input suara dan speaker guna mendengarkan suara.
10. Graphics pads
Graphics pads berfungsi buat menggambar pada monitor. Ada dua jenis graphics pads. Kesatu, memakai jarum nan dihubungkan pada pad. Atau memakai bantalan dengan tegangan rendah. Bantalan tersebut memiliki permukaan membrane dengan sifat sensitif akan sentuhan. Tegangan rendah nan kemudian diterjemahkan menghasilkan koordinat X – Y.
Kedua, memakai bantalan nan sifatnya sensitif sentuh. Akan tetapi tak memakai jarum. Cara kerjanya: letakkan kertas gambar di atas bantalan. Lalu, ditulisi menggunakan pensil.