Tahapan Perkembangan
Dalam makalah perkembangan teknologi komputer banyak hal nan dapat digali, terutama menyangkut seperti apa percepatan perkembangan teknologi komputer nan semakin canggih. Krusial dipahami supaya manusia sebagai pengguna komputer mengetahui dan bahkan memahami secara detil, juga lebih mengenal perangkat komputer nan selalu menjadi instrumen mendasar pendukung alur kerja.
Perkembangan Teknologi
Pada makalah perkembangan teknologi komputer akan dijelaskan secara rinci bagaimana pola perkembangan komputer dari masing-masing generasi. Dalam tiap generasi tentu memiliki karakteristik khas dan ciri eksklusif nan berbeda, sehingga komputer menemukan bentuk “ideal”-nya sebagaimana nan kita kenal dan pakai saat ini.
Sebuah komunikasi nan ditunjang dengan kehadiran perangkat piranti lunak bernama internet dan didukung alat-alat nan memadai. Teknologi ini akhirnya dapat terlihat pada penggambaran, seperti internet, e-mail, dan lain-lainnya. Itulah teknologi komunikasi nan tergambar di global saat ini.
Setelah itu, perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat cepat, antara lain dengan ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer Apple, dan masih banyak lagi inovasi lainnya.
Secara umum, perkembangan komputer sama halnya dengan fase kehidupan manusia nan melewati masa kelahiran, masa balita, masa anak-anak, masa puber, dan dewasa. Dari waktu ke waktu selalu ada tahapan perkembangan ke arah desain nan lebih maju.
Komputer pertama nan digunakan buat menyimpan program dan data diperkenalkan pada 1948. Nama komputer tersebut ialah Dubbed he Manchester Mark I. Komputer tersebut merupakan awal inovasi teknologi selanjutnya nan mengembangkan versi laptop dan desktop saat ini.
Tahapan Perkembangan
1. Generasi Awal
Komputer sudah ditemukan, namun belum sampai pada pencerahan bahwa komputer dapat menunjang keperluan manusia, terutama dalam kegiatan militer. Baru ketika meletus perang global kedua, fungsi komputer disadari banyak orang (pihak militer) dapat dijadikan sebagai penggerak roda teknologi nan menunjang aktivitas kemiliterannya.
Berbekal hal itulah, maka banyak penelitian dilakukan terutama buat melakukan pengembangan perangkat komputer nan disesuaikan dengan kebutuhannya. Jenis komputer “K3” ditemukan oleh Conrad Zuse, nan berfungsi dalam mendesain pesawat dan peluru kendali.
Ilmuwan Inggris ini bermaksud mengalahkan temuan militer Jerman. Zuse mengadakan penelitian dan sukses mendesain sebuah komputer nan dapat berfungsi dalam membaca sandi-sandi militer Jerman.
2. Generasi Kedua
Tahun 1948 merupakan awal mula transistor ditemukan. Transistor ini berfungsi menggantikan fungsi tube vakum dalam tv, radio, dan komputer itu sendiri. Perkembangan ini signifikan dengan ditemukannya transistor, maka ukuran komputer dapat dikecilkan dibandingkan semula, ketika masih menggunakan tube vakum. Cukup memudahkan sebab dengan ukuran kecil membuat komputer dapat dengan mudah dimobilisasi.
3. Generasi Ketiga
Ditandai dengan ditemukannya Integrated Circuit (IC) pada tahun 1958, nan berperan dalam menggantikan fungsi transistor. Salah satu kelemahan penggunaan transistor ialah cepat panas, sehingga berpotensi merusak komponen lainnya. Dengan digantinya transistor menggunakan IC, komponen komputer dapat lebih awet sekaligus pemakaian IC dapat mengintegrasi beberapa komponen dalam satu chip.
4. Generasi Keempat
Dalam generasi ini ditandai dengan ditemukannya komponen nan lebih unggul dibandingkan dengan IC, yaitu Large Scale Integration (LSI). LSI jauh lebih baik dibanding IC, terutama dalam integrasi dengan beberapa komponen hanya dalam satu chip saja. LSI ini banyak sekali produk turunannya, nan setiap saat dapat ditemukan nan lebih baik kualitasnya.
Dalam penerapannya belakangan ini, Teknologi Augmented Reality memakai sebuah s martphone nan di dalamnya ada CPU, kamera display , accelerometer , kompas, dan GPS. Teknologi ini sudah merembet ke handphone. Jika Anda menganggap Blackberry atau i-Phone sangat canggih, mungkin Anda akan geleng-geleng kepala ketika melihat fitur nan ditawarkan oleh Android Phone.
Pada 1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Alat ini mampu mengintregasikan sirkuit nan diciptakan pada tahun selanjutnya. Kemudian, pada 1960 Depatemen Pertahanan Amerika Perkumpulan menciptakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency NETwork) nan merupakan cikal bakal perkembangan internet. Pada saat itu ARPANET hanya diizinkan buat pemerintah, penelitian, dan universitas.
J.C.R. Licklider, peneliti dari MIT menyebarkan ARPANET ke jaringan komputer seluruh global buat hubungan sosial pada 1962. Selanjutnya, pada 1968, Andrew Grove, Gordon Moore, dan Robert Noyce sukses menciptakan mikroprosesor chip buat pertama kalinya. Mereka menjual chip tersebut ke Intel buat diproduksi.
Pada tahun 1972, keberhasilan seorang bernama Roy Tomlinson dalam melengkapi Program e-mail nan dia ciptakan sendiri. Tidak dipungkiri e-mail menjadi sangat terkenal bahkan sangat popular sampai sekarang. Sehingga pada akhirnya, jaringan ARPANET terus dikembangkan sampai ke luar Amerika.
Smartphone jenis Android Phone memang sangat pintar. Ia dapat membaca banyak hal. Sistem dasar operasi dari Android Phone ialah linux. Ini dapat digunakan dalam banyak hal, salah satunya dipakai buat menggunakan Augmented Reality . Selain dalam Smartphone , penerapan teknologi Augmented Reality juga ada dalam global game.
Yang paling gila ialah kita dapat memainkan game di mana saja. Hanya dengan kamera nan dibuat sebagai mesin bermain sekaligus joystick , kita dapat menggabungkan visual nan ada di global empiris dengan visual nan ada di global game .
Selain dalam game , Stark Industries, nan berbasis di Jepang telah mengembangkan kacamata nan dapat menggabungkan global empiris dan Maya. Jika Anda pernah menonton Iron Man , maka Anda niscaya sudah tak asing dengan visual di mana si Iron Man ini dapat melakukan analisis terhadap versus dan benda dengan pakaian Iron Man .
Sedikit banyaknya begitulah kerja kacamata ini. Kacamata ini dapat menganalisis, cuaca, peta, bahkan melakukan teleconference serta menciptakan visual digital. Bayangkan bagaimana canggihnya. Anda seakan-akan punya global sendiri nan tak dapat dinikmati oleh orang lain.
Baru-baru ini Hollywood menciptakan visualisasi baru tubuh artificial nan dikendalikan melalui jaringan satelit menggantikan tubuh nan berbalut daging. Surrogates merupakan bentuk fisik dari kehadiran virtal sybernetik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan motto tak ada nan terluka, hanya perbaiki saja kabel dalam tubuh Anda.
Gambaran paling ekstrem dari dominasi tubuh sybernetic mendapatkan puncaknya melalui surrogates. Masyarakat kabel bukan lagi konsep subkultur, melainkan konsep cara berkomunikasi masyarakat masa depan.
Namun, sebab masih berada dalam termin cybernetic nan membutuhkan kendali keyboard, dibanding virtual sybernetic kelak dengan kendali pikiran. Saat ini open source masihlah terbatasi pada formula percakapan, milis, posting, chatting, buat memperlihatkan bagaimana tubuh internet mampu berteman sebagaimana kekuasaan alam real.
Ditambah lagi, dalam skala metrik (motoris dan sensoris), tubuh kabel dapat memperlihatkan emosi. Melalui simbol tabelis dan menggunakan sepenuhnya ASCII (karakter nan digunakan dalam komputer) dalam abjad nan memperlihatkan pembayangan realnya. Seperti (TT) buat memperlihatkan emosi menangis, (XD) buat tertawa terpingkal-pingkal (:D) tertawa (J) tersenyum, (^^) buat berbahagia, (:P) buat kesal dsb, disebut juga emoticons.
Dalam skala nan sama tubuh kabel dapat memperlihatkan indera keenam (istingtif) dengan donasi fasilitas nan dinamakan plug in/out, download/upload, dan dapat mengubah pikiran siapapun dengan media JPEG, MP3, FLV, dan penggambaran audio visual nan provokatif lainnya.
Mengutip istilah dari Jeremy Black dalam bukunya Media Convergence or Divergence, Britain and the Continent (27:1994), masyarakat dengan budaya nan berbeda-beda, dan media dianalogikan menghadapi sebuah jalur transportasi komunikasi informasi, di mana internet memfasilitasi gerak masyarakat nan makin tinggi, pada sebuah ‘jalan tol bebas kendala informasi’.
Ditambahkan olehnya, inovasi teknologi komunikasi terkini ialah cara buat memberikan sebuah ‘jalan raya komunikasi elektronika’ bagi sebuah ‘bangsa nan dikabelkan’, sangat mengerikan, bukan.
Intinya jika kamu ingin berbicara dan punya banyak bicara, salurkan hal itu lewat admin net. Situs jejaring sosial. Atau dengan cara blogging. Karena bagi para surrogater, seseorang dengan darah daging utuh di jalanan tidaklah menarik. Berbicara pun nyanggung sebab harus tatap mata, harus sambil ngopi, traktiran, dan lainnya nan kurang keren.
Situasi sosial komunikasi langsung, face to face masih diberlakukan secara ritus. Namun, tentu saja sebab namanya sudah ritus. Paras para komunikator dan komunikatinya menjadi simbolik. Lebih palsu di banding status admin mereka di Internet. Bahkan pernah dikabarkan sebagian perusahaan besar menjadikan status facebook, sebagai bentuk evaluasi kerja nan lebih terpercaya.
Komunikasi kabel merupakan komunikasi terkini saat ini. Bilamana Anda tak plug in , maka Anda sedang bersemadi, tak komunikatif, dan tak eksis, walaupun Anda tengah berpidato di tengah orang banyak.
Dengan makalah perkembangan teknologi komputer ini banyak, bukan hanya praktisi IT, masyarakat nan faham ihwal tahapan-tahapan pola pekembangan komputer secara runtut dan komprehensif. Semoga bermanfaat.