Contoh
Pelajaran matematika. Apa nan ada di benak anda bila mendengar tentang pelajaran matematika? Bagi sebagian besar orang biasanya menganggapa pelajaran ini sebagai salah satu momok nan menakutkan. Matematika acap kali dianggap sebagai suatu pelajaran nan sulit dikuasai serta rumit dalam mengaplikasikan matematika dengan kehidupan sehari hari. Padahal saat ini sebenarnya sudah ada game matematika, software matematika, serta model animasi matematika bergerak nan dapat membantu siapapun buat mempelajari matematika dengan lebih mudah.
Apa nan dimaksud dengan animasi matematika bergerak ini? Bila anda pernah mendengar kata animasi, mungkin nan terlintas di benak anda ialah kartun hewan lucu nan disuguhkan dalam berbagai cerita disney. Dapat juga berupa gambar bergerak nan kerap menghiasi display picture pengguna pelaksanaan BBM. Apa nan anda ketahui tersebut dapat dibilang sahih adanya.
Animasi sendiri dipercaya berasal dari kata animal alias binatang nan banyak dijadikan objek cerita dalam film – film disney . Definisi animasi sendiri ialah susunan gambar diam atau nan disebut dengan static graphic nan diberi imbas sedemikian rupa hingga seolah – olah tampak bergerak. Animasi juga dapat didefinisikan sebagai gambar bergerak nan dibentuk dari sekumpulan gambar diam nan disusun dengan beraturan mengikuti alur mobilitas nan ditentukan sinkron pertambahan hitungan waktu.
Animasi nan hasil akhirnya kita sebut film ini sekarang tidak hanya dimanfaatkan buat pembuatan kartun melainkan digunakan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran matematika. Animasi matematika menawarkan konsep pelajaran matematika nan dikemas dalam bentuk animasi. Jadi anda dapat secara langsung belajar dan sekaligus membayangkan dengan lebih jelas langkah–langkah pengerjaan setiap contoh soal nan diberikan.
Mengapa diciptakan animasi matematika bergerak dalam pembelajaran matematika? Sebenarnya tanpa adanya animasi tersebut biasanya pebelajar sudah dapat membayangkan bagaimana paradigma serta pelaksanaan teori nan diajarkan. Karena pada dasarnya matematika mengajarkan logika buat berpikir sejalan dengan nalar dan akal. Namun sebab matematika juga bersifat abstrak (karena lebih sering di wujudkan dalam persamaan ataupun simbol–simbol) terkadang pebelajar mendapat kesulitan dalam mengaplikasikan teori matematika dalam kehidupan sehari hari.
Padahal pengaplikasian teori ini lebih krusial ketimbang menghapal rumus–rumus matematika itu sendiri. Sehingga diperlukan media pembelajaran nan tak hanya sekedar diimajinasikan dalam pikiran namun sekaligus dapat dilihat secara jelas kerangka teori dan alur berpikir dalam menyelesaikan persoalan matematika.
Selain itu animasi matematika nan bergerak ini juga mampu membuat seseorang belajar secara mandiri. Sehingga walapun tanpa adanya guru atau tutor, dengan menggunakan animasi matematika sudah mampu membuat si pebelajar mengerti dan memahami konsep–konsep pembelajaran matematika sinkron dengan jenis animasi nan dibuat. Hal ini akan semakin memudahkan proses pembelajaran baik di pihak fasilitator (guru) ataupun murid.
Proses animasi sendiri memungkinkan seluruh aspek pembelajaran matematika divisualisasikan dengan jelas. Apalagi bila ditambahkan dengan imbas suara nan dapat menarik minat pebelajar buat menyimak animasi tersebut ketimbang harus membaca teks berjalan atau sekedar tulisan pola rumus–rumus matematika itu sendiri.
Mendapatkannya pun tidak sulit, sebab saat ini sudah banyak website nan menawarkan berbagai animasi permodelan matematika baik nan berbayar maupun gratis. Bentuk filnya pun bermacam macam. Ada nan disisipkan dalam power point, berbentuk flash arsip alias berextensi .swf dan sebagainya.
Aplikasi pembelajaran matematika nan berbasis TIK selain animasi dan software matematika juga dikemas dalam bentuk permainan atau game matematika sederhana. Media game matematika ini juga terdiri dari unsur audio visual (dapat didengar dan dilihat) sekaligus mampu berinteraksi dengan penggunanya. Hubungan nan terjadi sebisa mungkin memancing pengguna buat bereaksi dan merespon perintah–perintah memecahkan masalah matematika nan ada.
Contoh
Contoh dari game atau permainan matematika nan dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekaligus kreativitas antara lain:
- Menara hanoi, permainan ini mengasah alur berpikir logis sebab pemain diharuskan memindahkan setumpukan tiang menjadi menara dengan hanya boleh memindahkan satu cakram dalam satu waktu.
- Perang – perangan, game ini membantu mengenalkan konsep koordinat (Cartesius) serta kemampuan pemecahan masalah.
- Bujursangkar ajaib, merupakan permainan memanipulasi penjumlahan. Semisal pada bujursangkar derajat tiga nan terbagi menjadi 9 kotak kecil harus diisi dengan 9 angka nan berurutan. Namun hasil penjumlahan setiap baris, setiap kolom ataupun setiap diagonal harus sama besar.
- Kartu domino, tidak hanya buat permainan bagi para peronda malam atau penjudi, domino juga dapat berfungsi sebagai pengenal angka dan pecahan. Bentuk nan lucu dan rona nan cerah dapat membuat anak – anak tertarik melakukan penjumlahan pecahan menggunakan kartu domino.
PBB sendiri sudah meyakini bahwa model pembelajaran berbasiskan TIK atau ICT mampu memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Pemberlakuan model pembelajaran berbasis TIK ini diharapkan mampu meningkatkan hasil pembelajaran setiap warga di dunia.
Bekerja sama dengan UNESCO, PBB telah membuat website spesifik nan menyediakan media pembelajaran berbasis TIK buat matematika. Kebanyakan animasi nan disajikan berbentuk flash arsip dan terdapat bahasa pengantar/narasinya –tentunya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
Ada pula beberapa arsip nan berbentuk powerpoint, quick time, applet java, dan sebagainya. Tak perlu risi dengan adanya disparitas kurikulum Indonesia dengan pembelajaran nan ditawarkan. Karena animasi dan softaware nan ada nisbi sinkron buat diterapkan diberbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Anda dapat mengunduh secara gratis, sebab tujuan dibuatnya website tersebut memang buat menyebarluaskan ilmu secara gratis.
Bila tidak ingin menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar maka silahkan mencoba buat menggunakan ada animasi matematika berikut software peluncurnya nan sudah dibuat oleh Suwanto Komala, animator sekaligus pembuat software animasi matematika bergerak dari Indonesia. Beliau telah mensinergikan bentuk teks, gambar, suara, dan narasi buat masing–masing teori dan konsep matematika dalam bentuk media animasi dan software matematika.
Beliau percaya bahwa animasi matematika nan mengombinasikan pendekatan nan membuat siswa terfokus pada pembelajaran interaktif akan merangsang pola pikir dan penalaran pebelajar dalam memecahkan contoh soal matematika nan disuguhkan.
Selain itu pemanfaatan animasi dan software matematika ciptaannya juga akan memperdalam pengetahuan dan keterampilan pebelajar dalam menggunakan komputer ataupun laptop. Hal ini sekaligus akan mendukung kemajuan pemanfaatan teknologi informasi. Beliau berharap animasi dan software ciptannya tersebut membantu mereka nan mempelajari matematika merasa lebih mudah, menyenangkan, sekaligus interaktif.
Tak hanya itu, dalam perkembangannya animasi matematika dan software nan dibuat tersebut juga sudah tersedia dalam berbagai taraf pendidikan. Mulai dari MI / SD, MTs / MA, SMA / MA serta SMK dan telah mengacu pada KTSP (Kurikulum Taraf Satuan Pendidikan) 2006.
Beliau juga telah membuat berbagai soal–soal UN, SNMPTN, serta berbagai soal–soal ujian lain nan dibentuk dalam software–software sinkron dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian diharapkan bahwa pelajaran matematika ini tak terlalu sulit dan dapat dipahami dengan mudah.