Dua Pelaksanaan buat Mendesain Baju

Dua Pelaksanaan buat Mendesain Baju

Bosan dengan pakaian nan itu-itu saja dan ingin mencoba desain sendiri ? Idealnya memang harus sekolah dulu. Tapi tak ada salahnya belajar mendesain pakaian sendiri menggunakan pelaksanaan buat mendesain pakaian . Simak penjelasannya.

Aplikasi mendesain pakaian ini akan membantu Anda buat belajar mendesain baju tentu saja. Mulai dari pola hingga bagaimana pengguntingannya. Pelaksanaan ini memang diciptakan buat memudahkan siapapun menjadi seorang desainer sepertinya. Termasuk Anda nan mungkin tak sempat buat mengikuti berbagai kursus membuat pola dan semacamnya.

Bagi Anda nan bahagia membuat desain baju, tentu akan terbantu dengan pelaksanaan spesifik buat mendesain baju. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa pelaksanaan nan bisa digunakan buat mendesain baju. Simak buat informasi lebih lanjut! Karena ini niscaya akan membantu Anda!



Apa Itu Desain Baju?

Desain bisa diartikan sebagai sebuah proses buat merumuskan, mempertimbangkan, memikirkan, dan memperhitungkan segala hal nan berhubungan dengan produk nan akan dibuat dalam wujud gambar . Desain pakaian ini terbagi menjadi dua yaitu desain struktral dan desain hiasan.



1. Desain Struktur

Desain ini sering juga disebut dengan siluet busana, yakni garis luar dari baju, tanpa dilengkapi bagian-bagian atau detail seperti kelim, lipit, kerut, dan sebagainya. Meskipun ada detail dalam desain struktural ini, fungsinya hanya sebagai pelengkap saja. Siluet ini dibagi menjadi enam jenis antara lain:

  1. Siluet A, yaitu siluet dengan model bagian atas lebih kecil daripada bagian bawah.
  1. Siluet Y, yaitu siluet dengan model bagian atas lebih besar dari bagian bawah.
  1. Siluet S, yaiu siluet dengan model atas besar, bagian pinggang kecil, dan bagian bawah besar.
  1. Siluet I, yaitu siluet dengan model bagian atas besar, bagian tengah lurus, dan bagian bawah besar.
  1. Siluet T, yaitu siluet busana dengan model desain garis leher nan kecil, lengan panjang dan bagian bawah kecil.
  1. Siluet L, yaitu siluet busana dengan modela baju bervariasi dari beberapa siluet. Pada siluet ini bisa diberi beberapa tambahan di bagian belakang nan panjang. Bentuk siluet ini biasanya terdapat pada gaun pengantin barat.


2. Desain Hiasan

Desain hiasan ini bertujuan buat menambah estetika dari busana nan sedang didesain secara struktural. Biasanya berupa saku, kerah, renda, kancing, sulam, bis, dan sebagainya. Ada beberapa syarat buat membuat desain hiasan, antara lain:

  1. Hendaknya hiasan tak berlebihan
  2. Letaknya sinkron dengan bentuk struktur
  3. Sederhana
  4. Penempatannya tepat
  5. Cocok dengan bahan dan desain strukturnya
  6. Cara pemeliharaannya mudah


Dua Pelaksanaan buat Mendesain Baju

Memakai pakaian nan didesain sendiri tentu akan memberikan kesan lebih istimewa dibanding memakai pakaian hasil desain orang lain. Dengan mendesain sendiri, Anda bisa menuangkan kreativitas dan khayalan ke dalam sebuah baju.

Untuk memudahkan para pendesain baju, ada beberapa pelaksanaan nan dapat digunakan buat membuatnya. Dalam artikel kali ini, penulis akan memberikan dua cara yaitu pelaksanaan buat mendesain pakaian dengan program Freehand dan Corel Draw.



1. Corel Draw

Anda niscaya sudah akrab betul dengan pelaksanaan nan satu ini. Corel Draw memudahkan siapapun nan bergelut di bidang desain. Yang harus Anda lakukan ketika akan menggunakan Corel Draw sebagai salah satu pelaksanaan mendesain adalah:

  1. Buatlah blank dokumen baru, lalu import gambar kaos nan anda inginkan.
  1. Klik Tools Trace Bitmap, lalu pilihlah Outline Trace, pilih lagi Line Art, lalu klik Ok. Gambar nan akan dipakai ialah gambar nan bergaris merah.
  1. Pisahkan gambar dan hapuslah gambar nan asli.
  1. Klik kanan, lalu pilij ungroup. Lalu hapus background dengan mengklik background dan delete.
  1. Hapus kaos nan terlihat dari belakang.
  1. Siapkan gambar nan Anda inginkan buat ditempel di baju. Jika gambar Anda berformat jpg, sebaiknya klik trace bitmap. Ini dilakukan agar gambar terlihat rapi.
  1. Jika gambar sudah ditempel pada baju, berarti sudah selesai.


2. FreeHand
  1. Buka pelaksanaan Freehand, lalu untuk ventilasi baru.
  1. Pilih pen tool. Pen tool ini ada di tool box.
  1. Gambarlah pakaian sinkron dengan khayalan Anda dengan cara mengklik titik nan satu ke titik nan lain, sampai menjadi desai pakaian nan diinginkan. Selain baju, Anda juga dapat membuat tas, dompet, atau apapun nan ingin didesain.
  1. Buatlah beberapa variasi misalnya di lengan kiri.
  1. Pilihlah menu edit, lalu copy, dan paste. Ini dilakukan buat membuat variasi buat lengan kanan. Jika sudah muncul copy-an dari gambar tersebut, pilih Window—Transform.
  1. Setelah itu akan muncul box obrolan dengan isian Reflect axis. Isilah kotak isian nan tersedia dengan angka 90, lalu klik Reflect. Simpan variasi nan sudah di-transform tadi ke lengan sebelah kanan.
  1. Jika variasi lengan sudah selesai, buatlah variasi kerah sinkron dengan khayalan Anda. Caranya dengan mengklik titik nan satu ke titik lainnya sampai menyerupai desain kerah nan sinkron dengan keinginan.
  1. Jika kerah sudah selesai, desainlah loka kancing nan sinkron keinginan. Caranya, klik satu titik ke titik lain hingga menyerupai desain buat loka nan diinginkan. Jika sudah selesai, buatlah kancing dengan memilih Ellipse Tool. Ellipse Tool ini ada di Tool Box. Jika kancing nan diinginkan jumlahnya banyak, lakukan copy-paste dan letakkan secara tersusun di loka nan dimau.
  1. Jika kancing sudah selesai, buatlah desain variasi pada bagian bahu kiri atas. Caranya sama dengan nan lain yaitu klik satu titik kemudian hubungkan ke titik lain hingga menyerupai desain nan Anda inginkan.
  1. Lakukan sekali lagi buat bahu bagian kiri. Langkahnya sama saat membuat lengan kiri.
  1. Anda juga dapat membuat variasi lain. Misalnya membuat lengkungan di depan dengan cara mengklik satu titik ke titik lain sampai menyerupai desain nan diinginkan. Variasi ini dapat berbentuk lengkungan, bulatan, garis, bunga, atau nan lainnya.
  1. Jika semua desain sudah selesai, lakukan pemilihan rona dengan cara memilih menu Window—Color Mixer. Hal ini buat mencari rona nan Anda inginkan.
  1. Setelah memilih Window—Color Mixer, akan muncul box dialog.
  1. Jika Anda sudah menentukan rona nan akan dipilih, pilihlah menu Window—Swatches. Setelah muncul box dialog, seret rona nan dipilih. Warna-warna ini ada di Aduk-aduk color ke Swatches Color.
  1. Jika rona sudah masuk ke Swatches Color, klik objek nan akan diwarnai, lalu klik rona nan ada di Swatches Color.

Itulah dua pelaksanaan buat mendesain baju. Selain buat mendesain baju, kedua pelaksanaan ini bisa digunakan buat mendesain benda lain misalnya tas, topi, kaos, dan lain-lain. Hal ini tentu membutuhkan kreativitas dan khayalan nan kuat. Selain buat dipakai sendiri, desain pakaian ini juga dapat menjadi peluang bisnis nan menjanjikan.

Caranya, buatlah pakaian dengan desain nan unik dan tak pasaran dengan menggunakan pelaksanaan buat mendesain pakaian tersebut. Lalu, carilah vendor nan baik dan menentukan harga nan terjangkau. Dengan donasi vendor ini, Anda dapat menciptakan pakaian distro nan sekarang sedang diminati masyarakat. Selain baju, Anda juga dapat membuat tas, topi, dan lainnya. Bagaimana? Tertarik buat mencobanya? Selamat mencoba dan selamat berkreativitas.