Permainan Matematika Ajaib

Permainan Matematika Ajaib

Segala hal nan berbau ajaib memang selalu menarik perhatian. Banyak peristiwa ajaib di global ini, baik nan menyangkut kenyataan alam maupun kejadian nan dialami seseorang. Bahkan, cerita-cerita ajaib itu bisa ditemukan dalam global matematika nan mampu membuat kita heran dan terkagum-kagum.



Kisah Ajaib Seputar Matematika

Berikut ini merupakan kisah konkret dari tiga tokoh nan terbilang ajaib berkenaan dengan ilmu angka.



1. Kisah Ajaib - Carl Friedrich Gauss

Carl Friedrich Gauss ialah ilmuwan hebat dunia. Bahkan, Gauss diakui sebagai pakar matematika terhebat sepanjang masa. Predikat tersebut sangatlah beralasan sebab sejak kecil ia memang jenius. Ketiga berusia 3 tahun, Gauss mampu menemukan kesalahan ayahnya saat melakukan kalkulasi bidang keuangan.

Kejadian menakjubkan dan ajaib dilakukan Gauss ketika duduk di sekolah dasar. Saat itu, sang guru berharap memiliki waktu istirahat lebih banyak sebelum melanjutkan pelajaran. Ia pun meminta murid buat menjumlahkan sapta 1 sampai 100. Akan tetapi, keinginan sang guru sia-sia sebab Gauss mampu menyelesaikan soal dalam beberapa detik saja.

Ia pun menggunakan cara unik dan ajaib dalam menyelesaikan soal itu. Gauss mengelompokkan sapta 1 hingga 100 menjadi 1 dan 100, 2 dan 99, 3 dan 98, 4 dan 97, dan seterusnya hingga 50 dan 51. Setiap pasang sapta berjumlah 101 dan ia mendapatkan 50 pasang sapta sehingga jumlah totalnya 50x101=5050. Sungguh cara nan menakjubkan dan ajaib!



2. Kisah Ajaib - Paul Wolfskehl

Jika ada nan bertanya, apakah Paul seorang pakar matematika? Jawabannya, bukan. Paul bukanlah seorang pakar matematika. Ia ialah seorang nan bergerak dalam bidang industri dari Jerman. Lantas, apa interaksi Paul dengan ilmu angka ini? Ya. Hayati Paul pernah diselamatkan oleh matematika.

Paul sempat memutuskan buat bunuh diri dengan sebuah pistol nan akan ditembakkan ke kepalanya. Bahkan, Paul telah merencanakan tanggal serta jam berapa ia akan bunuh diri. Entah apa nan melatarbelakangi Paul buat mengakhiri hidupnya, mungkin sebab ia mengidap penyakit eksklusif atau sebab masalah percintaan.

Seperti sebuah petunjuk keselamatan, Paul memutuskan buat mengunjungi perpustakaan pribadinya beberapa jam sebelum waktu nan ditentukan buat bunuh diri. Di perpustakaan, ia menemukan sebuah makalah mengenai teorema nan sanyat terkenal, yaitu Fermat's Last Theorem .

Paul pun mulai menyelami setiap tulisan dalam makalah tersebut hingga kesibukannya menenggelamkan niat bunuh diri. Bahkan, Paul tak lagi memikirkan niat awalnya buat mengakhiri hidup. Ia hanya sibuk memikirkan cara buat memecahkan masalah nan "dibawa" makalah tersebut.

Paul terus berusaha memecahkan soal dalam waktu nan cukup lama. Meskipun usaha memecahkan soal itu gagal, Paul tersadar bahwa waktu nan ia tetapkan buat bunuh diri telah terlewat. Ketika menyadari hal itu, Paul sangat kagum akan hal ajaib nan ia alami saat berusaha memecahkan soal hingga mampu membatalkan niat bunuh dirinya.

Paul, bahkan, menyediakan hadiah sebagai "balas jasa" sebesar 100.000 Marks bagi nan mampu memecahkan masalah Fermat's Last Theorem. Hadiah itu dikenal dengan nama Hadiah Wolfskehl.



3. Kisah Ajaib - George Dantzig

Kisah ajaib ini dipastikan mampu membuat Anda takjub. Saat menempuh studi doktoral, George Dantzig terlambat menghadiri sebuah mata kuliah. Ketika ia memasuki ruangan, telah tersedia dua buah soal di papan tulis. Ia pun menyalin soal tersebut dan berusaha mengerjakannya sebagai tugas kuliah.

Setelah mengerjakan beberapa saat, ia sadar bahwa tugas tersebut lebih sulit dari biasanya. Namun, ia tetap berusaha mengerjakan tugas itu hingga selesai. George akhirnya mengumpulkan soal itu seraya meminta maaf pada sang dosen sebab mengerjakannya agak lama dengan alasan soal itu"sedikit lebih sulit dari biasanya".

Enam minggu kemudian, sang dosen datang ke rumah George dengan tergopoh-gopoh. George kaget bukan main sebab ia takut telah melakukan kesalahan. Akan tetapi, sang dosen menyampaikan kabar mengejutkan bahwa kedua soal nan dirampungkan George merupakan 2 soal statistika nan belum terpecahkan oleh siapa pun. Georgelah orang pertama nan mampu memecahkannya.

Hasil pekerjaan George dirangkum menjadi sebuah makalah nan dipublikasikan oleh sang dosen. Hal ajaib tak berhenti di situ, kedua soal tersebut diterima sang dosen sebagai disertasi. Kisah tentang George pun digunakan sebagai topik khotbah mengenai kekuatan berpikir positif oleh seorang rahib kala itu. Bahkan, sebuah film populer, Good Will Hunting , dibuat berdasarkan cerita ajaib Goerge Dantzig.



Permainan Matematika Ajaib

Matematika tak selalu dipandang sebagai sesuatu nan menakutkan sebab matematika ternyata sangat menyenangkan jika dibuat sebagai permainan, misalnya permainan matematika ajaib. Permainan nan bisa dikatakan ajaib ini selain menghibur, bermanfaat juga buat mengetahui informasi penting, misalnya mengetahui hari kelahiran.

Berikut ini akan jelaskan beberapa permainan ajaib dengan menggunakan perhitungan matematika. Permainan matematika ajaib ini sangat baik buat anak-anak agar mereka tak takut mempelajari matematika. Sebaliknya, dengan permainan matematika ajaib ini, anak-anak akan semakin bahagia matematika dan angka-angka.

Permainan matematika ajaib ini dimulai dengan melakukan perhitungan di atas kertas atau dapat juga memakai kalkulator (agar lebih menarik, gunakanlah kalkulator dengan layar berdigit 12 atau lebih). Satu lagi, permainan matematika ajaib ini akan lebih menyenangkan jika para pesertanya semakin banyak.

Berikut jenis-jenis permainan matematika ajaib nan dapat Anda coba.



Permainan Matematika Ajaib - Mengetahui Tanggal, Bulan, dan Tahun Lahir

Berikut langkah-langkah permainan matematika ajaib buat mengetahui tanggal lahir Anda.

  1. Kalikanlah angka bulan kelahiran Anda dengan 4.

  2. Kemudian, hasilnya tambahkan dengan 13.

  3. Setelah itu, kalikan 25.

  4. Selanjutnya, hasilnya dikurangi dengan 200.

  5. Lalu, tambahkan hasilnya dengan angka tanggal lahir Anda.

  6. Kalikan 2 dan hasilnya dikurangi 40.

  7. Kemudian, kalikan 50.

  8. Setelah itu, tambahkan hasilnya dengan dua digit terakhir dari angka tahun (1980 diambil 80).

  9. Langkah terakhir dari pemainan matematika ajaib ini ialah kurangi dengan 10.500.


Permainan Matematika Ajaib - Mengetahui Tanggal Lahir dan Umur Anda Sekarang

Berikut langkah-langkah permainan matematika ajaib buat mengetahui tanggal lahir dan umur Anda sekarang.

  1. Langkah pertama permainan matematika ajaib ini ialah dengan memasukkan tanggal kelahiran Anda pada kalkulator. Masukkan bulan kelahiran terlebih dahulu, kemudian tanggal lahir (untuk angka bulan 1- 9, diketik menggunakan angka 0 di depannya, misalnya 01= Januari), dan dua digit terakhir dari angka tahun.

  2. Kalikan 2 angka tersebut.

  3. Kemudian, hasilnya jumlahkan dengan 5.

  4. Setelah mengetahui hasilnya, kalikan dengan 50.

  5. Lalu, tambahkan dengan 1758 jika belum berulang tahun atau 1759 jika hari ulang tahun Anda sudah lewat tahun ini.

  6. Langkah terakhir dari permainan matematika ajaib ini ialah kurangi hasilnya dengan keempat digit angka tahun kelahiran.

Hasil akhirnya yaitu satu atau dua digit pertama merupakan bulan kelahiran, dua digit kedua merupakan tanggal lahir, dua digit ketiga merupakan tahun kelahiran, dan dua digit terakhir merupakan umur Anda saat ini.



Permainan Matematika Ajaib - Mengetahui Nomor Telepon Anda

Dengan permainan matematika ajaib ini, layar kalkulator akan memperlihatkan nomor telepon 7 digit Anda. Berikut langkah-langkah permainan matematika ajaib buat mengetahui nomor telepon 7 digit Anda.

  1. Langkah pertama permainan matematika ajaib ini yaitu dengan memasukkan tiga digit pertama dari nomor telepon Anda di kalkulator (tidak termasuk 0 di depannya).

  2. Kemudian, hasilnya dikalikan dengan 80.

  3. Tambahkan hasil perkalian tersebut dengan 1.

  4. Lalu, kalikan dengan 250.

  5. Setelah itu, hasilnya tambah dengan empat digit terakhir nomor telepon tadi.

  6. Tambahkanlah sekali lagi dengan empat digit terakhir itu.

  7. Langkah selanjutynya ialah hasilnya kurangi dengan 250.

  8. Langkah terakhir ialah bagi hasilnya dengan 2.

Itulah beberapa kisah ajaib seputar matematika dan permainan matematika ajaib. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!