Perkembangan Teknologi Komunikasi
Makalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kali ini membahas maraknya penggunaan teknologi komunikasi. Masyarakat haus akan berkomunikasi. Buktinya, jejaring sosial, seperti facebook dan twitter, terus meningkat jumlah penggunanya. Chris Hughes tahu akan kondisi ini.
Oleh sebab itu, dia membuat satu jejaring sosial nan lebih terfokus. Nama jejaring sosial itu ialah Jumo. Jumo dimaksudkan bisa menjadi jembatan bagi para pemberi dana dan para penerima dana.
Juno The Power of Giving
Chris Hughes nan juga merupakan ketua digital organizer dalam kampanye Barack Obama saat meraih kursi kepresidenan tempo hari, kali ini menerapkan keahliannya di bidang jejaring sosial nan disebutnya Jumo.
Chris, anak muda penuh potensi ini, membuat Jumo dengan tujuan nan sangat mulia. Jumo dimaksudkan menghubungkan perorangan atau para filantrofis , orang nan hobi bederma, ke organisasi-organisasi nonprofit dan panti-panti sosial nan bisa dipercaya.
Situs ini baru saja diluncurkan pada 30 November 2010. Dasar pembuatan situs ini ialah bahwa semakin banyak orang nan ingin berbagi, tetapi tak tahu mau berbagi dengan siapa atau forum mana nan dapat dipercaya.
Jumo tak hanya menghubungkan para pederma kepada forum sosial tersebut, tetapi menampilan artikel-artikel nan mendidik masyarakat. Misalnya, artikel isu-isu sosial tentang berbagai hal, termasuk gaya hayati dan masalah gay nan kontroversial dibahas di Jumo.
Situs ini berdasarkan konsep ' The Power of Giving ’. Semakin banyak memberi, semakin banyak pula nan akan diraih. Orang nan paling baik ialah orang nan paling banyak memberi. Demi menjamin keamanan dana nan sudah disetorkan, Jumo hanya berhubungan dengan forum sosial nan tersertifikasi.
Suatu forum nan benar-benar telah teruji kejujuran dan reputasinya. Hal ini dilakukan buat menghindarkan penipuan, seperti nan menimpa beberapa wanita Amerika nan terkena rayuan gombal para penipu dari Nigeria. Dengan dalih cinta dan butuh bantuan, para penipu Nigeria sukses memperdaya banyak wanita Amerika. Ribuan dolar pun melayang tanpa bekas.
Jumo nan merupakan jejaring sosial nonprofit akhirnya harus mengandalkan pembayaran dari para pengguna dan donornya. Juga dari organisasi nan mencari dana iklan nan tak terlalu besar. Jumo memprakarsai pembangunan gedung sekolah, wahana jalan, dan kesehatan.
Siapa pun nan mempunyai misi sosial bisa membuat sebuah halaman di Jumo. Jumo diharapkan bisa menjadi bagian kecil bagi terpenuhinya kedua belah pihak. Dalam hal ini, para pemberi derma dengan para penerimanya.
Semua uang nan sudah diberikan kepada forum sosial tersebut bisa terpantau dengan baik dan dievaluasi oleh para pemberinya. Keterbukaan ini akan membuat Jumo bisa meraih loka di hati para pengguna jejaring sosial lainnya.
Sebagai awal, Jumo menyediakan lebih dari 3.000 artikel nan berkaitan dengan permasalahan dan penyelesaiannya, serta makalah sosial lainnya. Jumo bisa menjadi suatu media sosial nan benar-benar bisa membantu sesama.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Ada empat tahapan periode dalam perkembangan komunikasi dan informasi, yaitu pra-mekanik, mekanik, elektromekanik, dan elektronik. Berikut ini periode perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia.
1. Periode Pra-Mekanik
Pada periode pra-mekanik, bangsa Fenisia nan mendiami Timur Tengah (sekarang Lebanon) menciptakan komunikasi dalam bentuk simbol. Saat itu ialah tahun 2000 SM. Sebelum itu, manusia menggunakan gambar buat menyampaikan pesan di antara mereka.
Bangsa Yunani Antik mengadaptasi simbol Fenisia dengan menambahkan huruf vokal. Hal ini membuat simbol tersebut lebih mudah digunakan. Bangsa Romawi Antik kemudian memakainya, lalu menciptakan alfabet nan kita gunakan hingga saat ini.
Pada 600 SM, pembuatan buku dimulai nan dibuat dari papirus nan dilekatkan. Pemuka agama dan pimpinan biasanya menyimpan koleksi buku. Selanjutnya, bangsa Mesir Antik menciptakan sistem angka. Mereka juga merupakan penemu alat bantu hitung abakus.
2. Periode Mekanik
Pada masa ini, manusia mulai mengembangkan peralatan buat menyimpan dan merekam informasi. Johann Gutenburg dari Jerman menemukan mesin cetak. Hal ini mempermudah penyampaian informasi saat itu. Tahun 1600, komputer analog pertama diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer itu disebut Pascaline dan merupakan titik awal mesin menggantikan fungsi otak manusia buat menghitung data.
3. Periode Elektromekanik
Masa keemasan periode ini ditandai dengan penggunaan listrik buat memberikan energi buat menjalankan penemuan-penemuan mesin komputer sesudah Pascaline. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse sebagai alat komunikasi jeda jauh.
Komputer pertama nan digunakan buat menyimpan program dan data diperkenalkan pada 1948. Nama komputer tersebut ialah Dubbed he Manchester Mark I. Komputer tersebut merupakan awal inovasi teknologi selanjutnya nan mengembangkan versi laptop dan desktop saat ini.
4. Periode Elektronik
Pada 1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Alat ini mampu mengintregasikan sirkuit nan diciptakan pada tahun selanjutnya. Kemudian, pada 1960 Depatemen Pertahanan Amerika Perkumpulan menciptakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency NETwork) nan merupakan cikal bakal perkembangan internet. Pada saat itu ARPANET hanya diizinkan buat pemerintah, penelitian, dan universitas.
J.C.R. Licklider, peneliti dari MIT menyebarkan ARPANET ke jaringan komputer seluruh global buat hubungan sosial pada 1962. Selanjutnya, pada 1968, Andrew Grove, Gordon Moore, dan Robert Noyce sukses menciptakan mikroprosesor chip buat pertama kalinya. Mereka menjual chip tersebut ke Intel buat diproduksi.
Pada tahun 1972, keberhasilan seorang bernama Roy Tomlinson dalam melengkapi Program e-mail nan dia ciptakan sendiri. Tidak dipungkiri e-mail menjadi sangat terkenal bahkan sangat popular sampai sekarang. Sehingga pada akhirnya, jaringan ARPANET terus dikembangkan sampai ke luar Amerika.
Menurut sejarahnya internet juga merupakan pemikiran-pemikiran para pakar nan sangat inovatif dan dampaknya sangat besar bagi pekembangan dunia. Melihat begitu banyaknya kapasitas serta layanan nan luas, sungguh bisa menjangkau seluruh daerah pelosok nan ada di global ini.
Dalam penerapannya belakangan ini, Teknologi Augmented Reality memakai sebuah s martphone nan di dalamnya ada CPU, kamera display , accelerometer , kompas, dan GPS. Teknologi ini sudah merembet ke handphone. Jika Anda menganggap Blackberry atau i-Phone sangat canggih, mungkin Anda akan geleng-geleng kepala ketika melihat fitur nan ditawarkan oleh Android Phone.
Smartphone jenis Android Phone memang sangat pintar. Ia dapat membaca banyak hal. Sistem dasar operasi dari Android Phone ialah linux. Ini dapat digunakan dalam banyak hal, salah satunya dipakai buat menggunakan Augmented Reality . Selain dalam Smartphone , penerapan teknologi Augmented Reality juga ada dalam global game.
Yang paling gila ialah kita dapat memainkan game di mana saja. Hanya dengan kamera nan dibuat sebagai mesin bermain sekaligus joystick , kita dapat menggabungkan visual nan ada di global empiris dengan visual nan ada di global game .
Selain dalam game , Stark Industries, nan berbasis di Jepang telah mengembangkan kacamata nan dapat menggabungkan global empiris dan Maya. Jika Anda pernah menonton Iron Man , maka Anda niscaya sudah tak asing dengan visual di mana si Iron Man ini dapat melakukan analisis terhadap versus dan benda dengan pakaian Iron Man .
Sedikit banyaknya begitulah kerja kacamata ini. Kacamata ini dapat menganalisis, cuaca, peta, bahkan melakukan teleconference serta menciptakan visual digital. Bayangkan bagaimana canggihnya. Anda seakan-akan punya global sendiri nan tak dapat dinikmati oleh orang lain.
Baru-baru ini Hollywood menciptakan visualisasi baru tubuh artificial nan dikendalikan melalui jaringan satelit menggantikan tubuh nan berbalut daging. Surrogates merupakan bentuk fisik dari kehadiran virtal sybernetik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan motto tak ada nan terluka, hanya perbaiki saja kabel dalam tubuh Anda.
Gambaran paling ekstrem dari dominasi tubuh sybernetic mendapatkan puncaknya melalui surrogates. Masyarakat kabel bukan lagi konsep subkultur, melainkan konsep cara berkomunikasi masyarakat masa depan.
Namun, sebab masih berada dalam termin cybernetic nan membutuhkan kendali keyboard, dibanding virtual sybernetic kelak dengan kendali pikiran. Saat ini open source masihlah terbatasi pada formula percakapan, milis, posting, chatting, buat memperlihatkan bagaimana tubuh internet mampu berteman sebagaimana kekuasaan alam real.
Ditambah lagi, dalam skala metrik (motoris dan sensoris), tubuh kabel dapat memperlihatkan emosi. Melalui simbol tabelis dan menggunakan sepenuhnya ASCII (karakter nan digunakan dalam komputer) dalam abjad nan memperlihatkan pembayangan realnya. Seperti (TT) buat memperlihatkan emosi menangis, (XD) buat tertawa terpingkal-pingkal (:D) tertawa (J) tersenyum, (^^) buat berbahagia, (:P) buat kesal dsb, disebut juga emoticons.
Semoga makalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan. Kemajuan teknologi akan terus berkembang seiiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan manusia.