2. Software Enterprise

2. Software Enterprise

Banyak pemahaman mengenai pelaksanaan . Namun di erah digital ini, nan perlu Anda ketahui ialah pelaksanaan berkaitan sebagai perangkat lunak ( software ) pada komputer Anda. Pelaksanaan sebagai perangkat lunak ialah program atau kelompok program nan dirancang buat digunakan oleh user komputer. Program ini dibagi menjadi dua kelas: perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Apabila perangkat lunak sistem terdiri dari program taraf rendah nan berinteraksi dengan komputer pada taraf dasar, perangkat lunak aplikasi berada di atas perangkat lunak sistem dan termasuk di dalam program database, pengolah kata, spreadsheet , dll. Perangkat lunak pelaksanaan bisa dihadirkan bersamaan sebagai bagian dari perangkat lunak sistem atau terpisah diterbitkan sendiri para pengembang aplikasi.



Berbagai Jenis Perangkat Lunak Aplikasi

1. Application Suite

Memiliki beberapa pelaksanaan nan dibundel bersama-sama. Terkait fungsi, fitur dan interface pengguna saat berinteraksi satu sama lain.



2. Software Enterprise

Menangani kebutuhan organisasi dan genre data dalam lingkungan besar nan terdistribusi.



3. Software Infrastruktur Perusahaan

Menyediakan kemampuan nan diperlukan buat mendukung sistem perusahaan akan kebutuhan dengan perangkat lunak.



4. Software Informasi buat Pekerja

Alamat individu kebutuhan nan diperlukan buat mengelola dan menciptakan informasi buat proyek-proyek individu dalam suatu departemen.



5. Software buat Konten dan Akses

Digunakan buat mengakses isi dan add , kebutuhan buat konten digital nan diterbitkan, dan juga hiburan.



6. Software Pendidikan

Software ini diadopsi buat digunakan oleh siswa.



7. Software Pengembangan Media

Dialamatkan pada individu nan membutuhkan sentuhan pada media elektronik dalam bentuk data digital.

Aplikasi perangkat lunak menerapkan kekuatan sebuah platform perangkat lunak atau sistem komputasi eksklusif buat tujuan tertentu. Beberapa pelaksanaan seperti Microsoft Office tersedia dalam versi buat platform nan berbeda. Semantara, pelaksanaan nan lain memiliki kebutuhan nan lebih sempit dan spesifik, misalnya pelaksanaan Geografi buat Windows atau pelaksanaan Android buat pendidikan atau pelaksanaan game pada sistem operasi Linux.

Kadang-kadang pelaksanaan baru muncul dan populer hanya dapat berjalan pada satu platform , kecuali ada nan mampu mengutak-atik pelaksanaan tersebut sehingga dapat dipahami bahasanya oleh banyak platform , dan akhirnya sang pelaksanaan compatible dengan banyak platform , misalkan game Angry Bird, Youtube pada ponsel, opera portable buat Java dan sejenisnya. Pelaksanaan dengan demikian ini harus sejalan dengan perangkat lunak sistem nan terlibat dalam mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi biasanya tak langsung diterapkan otomatis dalam kinerja tugas-tugas nan menguntungkan pengguna.

Pengguna harus paham jika ingin mengfungsikan suatu aplikasi. Oleh karenanya, walaupun suatu pelaksanaan merupakan bentuk nan executable , para pengguna tetap harus mengetahui cara penggunaannya. Ada pengguna nan meminta diinstalkan pelaksanaan Photoshop, Corel Draw, Dreamweaver, Adobe Flash, dan sejenisnya, tapi nan bersangkutan malah tak tahu penggunaan pelaksanaan tersebut.



Memahami Cara Kerja Pelaksanaan Software

Dalam konteks ini aplikasi merujuk pada implementasinya di dalam sistem, pelaksanaan ya bagian dari sistem, tapi sistem sendiri merupakan kerumitan nan mendasari atau mengangkat suatu aplikasi. Sebuah analogi sederhana, sebuah bola lampu listrik (aplikasi) berhubungan dengan pusat pembangkit tenaga listrik (sistem).

Pembangkit listrik hanya menghasilkan listrik, bukan diri dari penggunaan konkret sampai dimanfaatkan buat pelaksanaan seperti lampu listrik nan melakukan pelayanan nan bermanfaat bagi pengguna. Contoh generik pelaksanaan perangkat lunak misalkan pengolah kata, spreadsheet , dan pemutar media. Beberapa pelaksanaan nan dibundel bersama sebagai sebuah paket kadang-kadang disebut sebagai pelaksanaan suite, contohnya Corel Draw Suite nan berisikan Corel Draw, Photo Paint, Tutorial dll. Pemahaman lebih lanjut:

  1. Beberapa pelaksanaan dapat terbundel bersama pengolah kata, spreadsheet , dan beberapa pelaksanaan diskrit lainnya.
  1. Aplikasi terpisah dalam suite biasanya memiliki interface pengguna nan memiliki beberapa kecenderungan sehingga memudahkan pengguna buat mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi.
  1. Dan sering mungkin setiap pelaksanaan memiliki beberapa kemampuan buat berinteraksi satu sama lain dengan cara sama khasiatnya bagi pengguna.
  1. Sebagai contoh, spreadsheet mungkin bisa dimasukkan dalam dokumen pengolah kata walaupun telah dibuat dalam pelaksanaan spreadsheet nan terpisah.
  1. Bahkan filter email semacam perangkat lunak bagi pengguna.
  1. Aplikasi perangkat lunak jatuh ke dalam dua kategori umum; pelaksanaan horizontal dan pelaksanaan vertikal. Pelaksanaan Horizontal nan paling populer dan tersebar luas pada departemen suatu firma atau perusahaan. Pelaksanaan vertikal merupakan produk dagang, nan dirancang buat jenis usaha eksklusif atau divisi dalam sebuah perusahaan.


Beragam Pelaksanaan Software

Aplikasi software memiliki ribuan ragam. Dan dapat diklasifikasikan berdasarkan apa nan Anda temukan sebagai klasifikasi tersendiri. Penulis biasa menyusun pelaksanaan dalam susunan nan merepotkan, agak merepotkan, nan dipakai kadang, nan disimpan di master. Bagaimana dengan klasifikasi Anda sendiri? Namun, bila Anda seorang profesional nan memandang kebutuhan pelaksanaan sebagai senjata berkerja, dapat dipahami kembali bahwa:

  1. Sebuah pelaksanaan suite terdiri dari beberapa pelaksanaan nan dibundel bersama-sama. Mereka biasanya memiliki fungsi terkait, fitur dan user interface, dan mungkin bisa berinteraksi satu sama lain, misalnya membuka arsip masing-masing. Pelaksanaan bisnis sering datang di suite, misalnya Microsoft Office, OpenOffice.org dan iWork, nan bundel bersama pengolah kata, spreadsheet, dll, tetapi pada suite semacam itu ada buat keperluan bersama nan berkaitan, misalnya grafis atau musik.
  1. Perusahaan perangkat lunak membahas kebutuhan proses organisasi dan genre data, sering dalam lingkungan besar. (Contoh mencakup sistem keuangan, manajemen interaksi pelanggan (CRM) sistem dan perangkat lunak rantai pasokan manajemen). Software departemen ialah jenis sub-perangkat lunak perusahaan dengan fokus pada organisasi nan lebih kecil atau kelompok dalam suatu organisasi besar. Contohnya termasuk manajemen perjalanan biaya dan IT Helpdesk)
  1. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan menyediakan kemampuan generik nan diperlukan buat mendukung sistem perusahaan dalam hal perangkat lunak. (Contohnya termasuk database, server email, dan sistem buat mengelola jaringan dan keamanan).
  1. Informasi perangkat lunak bagi pekerja memungkinkan pengguna membuat dan mengelola informasi, sering buat proyek-proyek individu dalam sebuah departemen, berbeda dengan manajemen perusahaan. Contohnya termasuk manajemen waktu, manajemen sumber daya, alat dokumentasi, analitis, dan kolaboratif. Pengolah kata, spreadsheet, klien email dan blog, sistem informasi pribadi, dan individu editor media nan bisa membantu dalam tugas pekerja informasi ganda.
  1. Konten berisikan akses digunakan terutama buat mengakses konten tanpa editing, tetapi mungkin termasuk perangkat lunak nan memungkinkan buat mengedit konten. Perangkat lunak tersebut memberikan kebutuhan individu dan kelompok buat dapat mengkonsumsi hiburan digital dan konten digital dipublikasikan. (Contoh mencakup media player, web browser, dan browser bantuan).
  1. Perangkat lunak pendidikan nan berkaitan dengan perangkat lunak konten pada akses nan dapat diawasi, isi fitur diadaptasi buat digunakan oleh pendidik atau mahasiswa. Sebagai contoh, program pelaksanaan ujian, melacak kemajuan mahasiswa melalui materi, atau menyertakan kemampuan kolaboratif.
  1. Perangkat lunak simulasi mensimulasikan sistem fisik atau abstrak, buat tujuan penelitian, pelatihan atau hiburan.
  1. Media pengembangan perangkat lunak menghasilkan manfaat bagi pihak jurnalis media cetak dan media elektronik, dan bagi khalayaknya buat dapat mengkonsumsi, hasil media melalui donasi software aplikasi. Ini termasuk bentuk pembuatan grafis-art perangkat lunak, desktop publishing, pengembangan perangkat lunak multimedia, editor HTML, digital animasi editor, audio digital dan komposisi video, dan banyak lainnya.
  1. Produk rekayasa perangkat lunak nan digunakan dalam mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak. Ini termasuk pula software desain (CAD), bahasa komputer editing dan alat-alat kompilasi, lingkungan pengembangan terintegrasi, dan antarmuka pelaksanaan buat programmer.

Aplikasi juga bisa diklasifikasikan oleh platform komputasi seperti sistem operasi tertentu, jaringan pengiriman seperti dalam komputasi cloud dan pelaksanaan Web 2.0, atau perangkat pengiriman seperti pelaksanaan nan lebih mobile buat ponsel.