Belajar Membuat Gelas dengan 3D Max
Belajar 3D Max , nan artinya belajar menggunakan softawre 3Ds Max, Anda bisa membuat beberapa model 3D, sebab update dari vendor Autodesk menghadirkan software terbaru di 2012. Namun, bagi pemula mungkin akan kerepotan buat belajar animasi 3D dengan mudah. Kecuali mau belajar dengan praktik langsung dari buku.
Belajar dari buku nan dimaksudkan di sini ialah dari buku 3DS Max Essentials, misalnya karangan Randy L Derakhsani, dan Dariush Derakshani. Dan itu akan berguna saat menggunakan software multimedia ini buat pertama kalinya. Namun dalam artikel ini penulis akan menyertakan contoh pembuatan gelas 3D, di luar segmentasi buku.
Apa Itu 3DS Max?
3D Studio Max ialah baku de facto dari industri animasi dan pemodelan software. Software 3D Studio Max cukup mahal, sehingga bisa lolos dari jangkauan kantong para amatir. Software ini bernilai setiap rupiahnya bila digolongkan dengan kemudahan nan dimiliki oleh software membuat animasi nan serius dan profesional lainnya. Karena software ini tak neko neko, lebih fungsionalitas, fleksibilitas dan fitur tipis.
Baik nan dilakukan dengan tangan atau komputer, membuat animasi bisa menjadi sebuah proses panjang dan membosankan. Ada banyak langkah nan perlu dijalankan sebelum tujuan akhir dan proyek selesai.
Bahkan sebelum membahas story board, Anda perlu membuat dan memahami karakter terlebih dahulu. Dilihat dari penampilan, aktualisasi diri paras mereka dan kepribadian. Setelah pemahaman tentang karakter telah dipahami, baru kemudian para animator siap buat mulai mengimplementasikan story board. Sebuah proses memakan waktu nan harus dilakukan sebelum 3D Studio termin animasi Max bahkan dimulai.
Dalam pembuatan animasi apapun, titik terpenting ialah "siklus berjalan". "Siklus" nan dimaksud ialah sebuah siklus frame nan menunjukkan bahwa subjek mengambil 2 langkah dari perspektif set, kaki kanan dan kaki kiri. Berkali-kali, ini diulang lagi dan lagi sehingga hasilnya subjek bisa terlihat seperti berjalan.
Pada termin ini, Anda bisa memiliki subjek berjalan melalui lingkungan. Ini merupakan salah satu laba besar dari 3d Studio Max nan berpadu dengan teknik animasi tangan. Juga, dengan 3D Studio Max, para animator lebih mudah buat mengubah perspektif tanpa harus re-draw semuanya. Hal tersebut secara drastis bisa mengurangi pekerjaan Anda.
Bukan hanya menggambar gambar subjek nan melakukan hal-hal tertentu, dengan 3D Studio program animasi Max Anda bisa membuat model dari subjek dalam 3 dimensi, nan hampir sama seperti nyata. Ketika membuat fitur nan lengkap itu merupakan penemuan teknologi nan sempurna. Karena bisa merekam animasi dari perspektif apapun tanpa harus redraw.
Sisi minus program animasi 3D lebih ke tampilan. Tampilannya glassy mengkilat, serba terang seperti gambar animasi tangan nan mengkilat sebab berminyak. Ini tantangan tersendiri bagi seniman desain animasi. Walau 3D Studio Max sangat bagus buat pemodelan latar belakang dalam fitur, tetapi tetap tak menggantikan kecanggihan “goresan tangan” sepenuhnya.
Ambil Modeling 3D ke Taraf Berikutnya
3ds Max awalnya dimulai sebagai 3D Studio DOS rilis 1 pada 1990. Program ini pertama kali dikembangkan oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Sejak itu, perangkat lunak ini telah mengalami banyak perubahan branding.
Bahkan namanya telah berubah, dari dari 3D Studio MAX ke 3ds max (huruf kecil) sebelum akhirnya mengalami banyak perubahan hingga versi 2013 nan terbaru rilis. Melalui semua perubahan ini, produk Autodesk berharap buat tetap menjadi pemimpin dari industri ini.
Hal nan menonjol tentang software ini sekarang ialah kekuatannya dalam kemampuan pemodelan 3D. Karena memang ini ialah sebuah pelaksanaan 3D nan ditujukan buat kelas industri. Karena popularitas nan dimiliki, begitu banyak pemodel 3D memanfaatkannya, sehingga agak banyak skill nan bisa ditemukan di web dalam bentuk tutorial pihak ketiga.
Perkembangan baru nan menarik dalam teknologi 3D memungkinkan Anda buat menerjemahkan bentuk nan dimodelkan pada komputer menjadi nyata, menjadi benda padat. Sejumlah perusahaan seperti Shapeways dan Ponoko menawarkan layanan cetak 3D nan melayani clienteles mulai dari insinyur dan penemu buat desainer dan seniman, bahkan buat para pehobi, termasuk Anda sendiri.
Belajar Membuat Gelas dengan 3D Max
Jika mendapatkan sebuah proyek nan mengharuskan Anda buat membuat objek sebuah gelas, jawabannya dapat sulit namun dapat juga mudah. Pengalaman pertama kali dengan pelaksanaan apapun bisa menjadi sesuatu nan membingungkan.
Dan situasi tampaknya lebih serius ketika Anda bekerja buat sebuah klien dengan bidang software multimedia ! Tapi jangan khawatir, dengan 3d max ini Anda tak akan kesulitan dalam membuat objek gelas dengan imbas akurat, terutama jika mengikuti tahapan-tahapan dalam cara belajar 3d max ini.
- Langkah Satu. Pertama-tama, gambar objek gelas pada selembar kertas. Gambar garis lurus dengan skala. Lihatlah hati-hati di salah satu bagian nan telah dibuat dan simpan catatan dari garis setengah. Tapi ingat satu hal di sini, tak pernah memilih salah satu objek gelas asimetris buat proyek pertama.
- Langkah Dua. Pergi ke kiri viewport dari 3ds Max dan gambar setengah bagian dari obyek gelas seperti nan terlihat dalam model. Di atas viewport untuk lingkaran seragam dengan baris bimbing.
- Langkah Tiga. Masuk ke pilihan nan tersedia tab 'Pengubah'. Pilih 'Bevel' dari sana dan dalam 'Pick Profile' pilih opsi pertama nan lihat. Ini akan membawa Anda ke proyek nan sedang kerjakan.
- Langkah Empat. Sekarang mengonversi objek 3D menjadi polygonal mesh sehingga Anda dapat menyesuaikan bentuknya lebih lanjut dan fine tune. Ingatlah buat menghapus lingkaran di atas viewport nan telah untuk di awal proyek. Gunakan 'Booleans' buat memotong dan memahat obyek 3D sinkron persyaratan proyek.
- Langkah Lima. Hapus paras dari poligon di atas pinggiran sebagian besar objek dan memasukkan poin vertex. Elas simpul di manapun sekiranya diperlukan buat membuat objek gelas menjadi tebal di bagian bawah dan tipis di tempat-tempat tertentu, sehingga membuat objek menjadi lebih realistis.
- Langkah Enam. Pilih Vray render farm dan nyalakan pembagian tersebut. Untuk lebih spesifik, konsentrasi hanya pada ' Adaptive Subdivision' dan set pada parameter 50. Jaga 'Glossiness' pada 1.0 dan pilih hitam 'Exit color'. Set 'Fog Multipliers' pada 0.025 dan aktifkan 'Alpha Effect' lalu 'After Effect'.
- Langkah Tujuh. Sekarang ialah waktu nan dibutuhkan buat mengoptimalkan pencahayaan. Meskipun Anda bisa memilih jenis pilihan pencahayaan, 'Omni' ialah salah satu nan ideal buat pemula. Hidupkan Vray bayangan beserta sub-opsi,‘Transparent Shadow' dan 'area shadow’, berikan rona putih di latar belakang.
- Langkah Delapan. Obyek gelas tak akan terlihat realistis kecuali diberi imbas mencerminkan dan membiaskan cahaya nan jatuh di atasnya. Oleh sebab itu, jalankan pada 'Material Editor'. Gunakan peta HDRI, aktifkan ' Spherical Environment’ dan mengatur 'Multiplier' pada 1,0 buat fine tuning output.
- Kini hanya tinggal membuat render lebih nyaman dengan vray render farm sehingga proyek nan paling realistis dapat dibuat dalam waktu singkat.
Akhirnya Autodesk Media dan Entertainment telah memproduksi dan mengembangkan lini produk 3ds Max buat menjadi 3D modeling terkuat dan alat animasi buat platform Windows. Dan 3ds Max diarahkan lebih ke arah pembuatan konten digital buat animasi komputer dan video game, produk adik nya 3ds Max Desain melayani lebih industri arsitektur, desain dan rekayasa.
Namun, pada akhirnya Anda perlu belajar 3D Max dan harus siap beradaptasi pada setiap update nya.