Pengertian Sajak
Contoh sajak bahasa Sunda . Tidak susah mencarinya. Di global maya sangatlah banyak. Sajak ialah seni. Seni memang tak pernah ada habis dalam kreasinya. Dari seni nan memenuhi unsur budaya, sampai seni nan melanggar etika budaya juga agama. Sastra ialah keindahan.
Dari dulu sampai sekarang, ia akan selalu menjadi hal nan menarik. Bahkan, dalam kitab kudus pun banyak berbicara soal sastra. Hal itu sudah diakui oleh para ahli serta praktisi nan kompeten didalamnya. Sajak ialah bagian dari karya sastra. Sajak tidak kalah menariknya dari puisi. Secara umum, ia memiliki fungsi sama; buat mengungkapkan perasaan. Namun, kadang orang susah atau malahan tak dapat membedakan antara sajak, syair serta puisi. Dapat jadi, orang akan mengira sama saja.
Pengertian Sajak
Banyak para ahli berpendapat mengenai apa itu sajak. Yang mestinya dari semua para ahli itu memiliki bedaan dalam memandang arti sebuah sajak. Seperti pendapat para ahli berikut:
Menurut Robert C. Pooley, sajak adalah: “Mereka nan menutup telinga terhadap sajak akan terpencil dari satu wilayah nan penuh dengan kemewahan berupa harta karun nan sangat banyak. Yaitu berupa pengertian akan pemahaman kehidupan dan manusia itu sendiri.”
Lain lagi pendapat Gerson Poyk tentang sajak, beliau mengatakan: “Dunia ini penuh dengan ketidak masuk akalan, sehingga manusia tak akan dapat memahami global ini begitu saja sepenuhnya. Dan tugas penyair ialah menggali kemudian menyampaikan rahasia global dalam tiap bait sajak mereka.”
Tapi, pada intinya semua orang akan setuju jika dikatakan; sajak ialah suara hati dari penyari atau person, nan dirangkai dalam bait-bait nan berisi pesan moral sehingga bisa dijadikan bahan renungan buat masyarakat secara luas. Dnegan begitu, sajak ialah sebuah media buat mendidik juga. Atau minimalnya sajak ialah media buat menyampaikan pesan kepada masyarakat.
Karya sastra secara generik dibagi menjadi tiga yaitu prosa, puisi dan drama. Meski begitu, dalam mendefinisikan puisi dan semisalnya, tentu ada perbedaan. Sebab, sepuluh kepala tentu ada10 pemikiran. Nah, dalam definisi puisi, sajak dan syair pun berbeda-beda. Sajak sendiri memiliki definisi sebagai berikut:
Sajak berasal dari bahasa Arab; Saj. Ia memiliki makna ialah karangan puisi.
Dan sajak secara maknawiyahnya dalah persamaan bunyi nan terdapat dalam sebuah kalimat atau perkataan. Sajak bukanlah syarat spesifik buat puisi lama. Akan tetapi, pengaruhnya sangat mengikat pada bentuk dan diki pada sebuah unsur puisi itu sendiri. Secara umum, sajak terbagi menjadi enam:
1. Persamaan bunyi nan terdapat pada awal kalimat. Disebut sebagai sajak awal
2. Persamaan bunyi nan ada ditengah kalimat. Disebut sebagai sajak tengah
3. Persamaan bunyi nan ada di akhir kalimat. Disebut sebagai sajak akhir
4. Persamaan bunyi huruf hayati disebut dengan asonasi
5. Pemilihan perkataan buat mencapai persamaan bunyi. Disebut sebagai sajak sempurna
6. Hanya bunyi saja nan hampir tak bersamaan. Disebut dengan sajak tak sempurna
Dari semua itu, ada nan menarik lagi, yaitu sajak dalam bahasa daerah. Jika mencari di Internet, maka sajak dalam bahasa Sunda sepertinya banyak penggemarnya, daripada sajak dalam bahasa Jawa Tengah atau lainnya. Terbutki dengan banyaknya blog dan website nan memposting artikel sajak-sajak dalam bahasa Sunda. Sajak dalam bahasa sunda cukuplah menarik. Entah bagaimana ceritanya sampai dapat memenuhi global maya.
Mungkin sebab bahasa Sunda juga menjadi pelajaran wajib buat sekolahan disana. Sehingga banyak orang nan membicarakannya. Selian itu, banyak pula budayawan atau penyair sunda nan getol menjaga kebudayaannya dalam bentuk sajak, puisi atau malaha kisah seperti novel dan novelette, cerpen dalam bahasa Sunda. Salah satunya ialah sajak-sajak dari WS. Rendra. Siapa nan tida kenal dengannya? Sajak-sajaknya nan di-translate dalam bahasa Sunda cukup menarik buat disimak. Contoh sajak bahasa Sunda :
Orang Miskin
WS. Rendra
Jalma jalma miskin di jalan,
anu tinggal di jero kamalir,
anu kawon di jero pergulatan,
anu diledek ku impian,
ulah maranehanana ditinggalkeun.
Angin ngabantun ambeu pakaian maranehanana.
Buuk maranehanana nempel di sasih purnama.
Wanita wanita bunting ngajajar di cakrawala,
mengandung buah jalan raya.
jalma jalma miskin. Jalma jalma berdosa.
Orok poek jero batin. Jukut sarta lukut jalan raya.
Teu tiasa anjen abaikan.
Lamun anjen mehkeun maranehanana,
di jalan anjen bade diburu kalangkang.
Kulem anjeun bade kebek igauan,
sarta basa putra putra anjeun sesah anjen tebak.
Jalma jalma miskin di jalan
lebet ka jero kulem wengi anjeun.
Awewe awewe bunga raya
ngahuapan putra putra anjeun.
Panangan panangan kotor ti jalanan
meraba ayap kaca jandela anjeun.
Maranehanana teu tiasa anjen ingkeun.
Jumlah maranehanana teu tiasa anjen gaib barobah kaayaan enol.
Maranehanana bade barobah kaayaan patarosan
anu mencegat ideologi anjeun.
Waos maranehanana anu koneng
bade muringis di beungeut ageman anjeun.
Jaram jaram sipilis sarta tbc ti gang gang poek
bade eunteup di gorden presidenan
sarta buku programma gedong kasenian.
Jalma jalma miskin ngajajar sapanjang sajarah,
sapertos hawa panas anu sok aya,
sapertos praspris anu sok ngalangkang.
Jalma jalma miskin mengangkat peso peso
tertuju ka harigu urang,
atawa ka harigu maranehanana sorangan.
O, kenangkanlah :
jalma jalma miskin
oge asalna ti kemah Ibrahim
Yogya, 4 Pebruari 1978
Potret Pangwangunan jero Puisi
Sajak sebatang Lisong
WS. Rendra
Ngenyot sabatang lisong
ningali Indonesia Raya,
ngadenge 130 juta rahayat,
sarta di langit
dua tilu cukong ngangkang,
ngising di luhur sirah maranehanana
Sarangenge medal.
Fajar anjog.
Sarta abdi ningali dalapan juta kanak kanak
tanpa atikan.
Abdi naros,
tapi patarosan patarosan kuring
membentur meja kakawasaan anu macet,
sarta papantulis papantulis para pendidik
anu leupas ti masalah kahirupan.
Dalapan juta kanak kanak
nyanghareupan hiji jalan paos,
tanpa pilihan,
tanpa tatangkalan,
tanpa dangau persinggahan,
tanpa aya kalangkang tungtungna.
Ngenyot hawa
anu disemprot deodorant,
abdi ningali sarjana sarjana teu digawe
berpeluh di jalan raya;
abdi ningali wanita bunting
ngantay artos pangsiun.
Sarta di langit;
para tekhnokrat nyarios :
yen bangsa urang nyaeta kedul,
yen bangsa kedah dibangun;
kedah di up grade
disaluyukeun kalawan teknologi anu diimpor
Gunung gunung menjulang.
Langit pesta kelir di jero senjakala
Sarta abdi ningali
protes protes anu terpendam,
terhimpit di handap tilam.
Abdi naros,
tapi patarosan kuring
membentur jidat penyair penyair salon,
anu bersajak ngeunaan anggur sarta rembulan,
samentara ketidakadilan lumangsung di gigireun / sabeulah na
sarta dalapan juta kanak kanak tanpa atikan
termangu mangu di suku batari kasenian.
Kembang bunga bangsa warsih payun
berkunang kunang tingali panonna,
di handap pariwara berlampu neon,
Berjuta juta harepan ibu sarta bapa
barobah kaayaan gemalau soanten anu kacow,
barobah kaayaan karang di handap beungeut samodra.
………………
Urang kedah liren ngagaleuh rumus rumus sejen.
Diktat diktat ngan kenging masihan padika,
tapi urang sorangan kedah ngarumuskeun kaayaan.
Urang kedah medal ka jalan raya,
medal ka desa desa,
nyatet sorangan sadayana gejala,
sarta menghayati masalah anu tela.
Ieu pisan sajakku
Pamplet mangsa darurat.
Naha hartina kasenian,
lamun terpisah ti kanyeri lingkungan.
Naha hartina mikir,
lamun terpisah ti masalah kahirupan.
19 Agustus 1977
ITB Bandung
Contoh sajak di atas ialah contoh sajak bahasa Sunda. Masih banyak sajak-sajak karya penulis lain nan mungkin familiar dengan kita. Semoga bermanfaat